:into minimalism : less is MORE

Update Algoritma Google Agustus 2018

Algoritma Google Agustus 2018 – Per 1 Agustus 2018 kemarin Google baru saya update untuk metode algoritma Google yang telah dikonfirmasi oleh pihak Google melalui akun Twitter-nya dibawah ini.

Penjelasan dari twit di atas Google telah melakukan update pada broad core.

Jadi, Apa itu Broad Core Update (Pembaruan Inti)? berikut kutipan dari broadcast grup WA tetangga sebelah hehe..

Pertama, biarkan saya menekankan kembali bahwa “Google membuat ratusan perubahan algoritma per tahun, atau bisa dibilang lebih dari satu update per hari”.

Banyak algoritma terkenal yang pernah kita dengar namanya (Penguin, Panda, Pigeon, Fred, dll.)

Semua update algoritma tersebut diterapkan untuk mengatasi isu spesifik atau masalah tertentu.

Misalnya Penguin, itu adalah algoritma utk mengatasi spam tautan; Lain halnya dengan Pigeon, yang merupakan algoritma yang ditujukan utk mengatasi spam SEO lokal.

Semua update algoritma memiliki tujuan tertentu.

Dalam kasus ini, Google (terkadang dengan enggan) memberi tahu kita, apa yang ingin mereka capai atau cegah dengan pembaruan algoritmanya.

Core Update (Pembaruan inti) itu berbeda.

Cara saya memahaminya, Pembaruan Inti adalah tweak atau perubahan utama/inti dari algoritma pencarian itu sendiri.

Anda pasti sudah tahu, terdapat 200 hingga 500 faktorperingkat/perangkingan yg digunakan oleh Google utk menentukan peringkat sebuah artikel (tergantung pada blog SEO yang Anda baca hari ini).

Pembaruan inti (core update) bagi saya adalah bahwa Google sedikit mengutak-atik level urutan kepentingan, bobot, atau nilai dari 200-500 ranking factor tersebut.

Karena itu, mereka tidak akan memberi tahu kita apa yang berubah pada update algoritma kali ini.

Cara paling sederhana untuk memvisualisasikan prediksi ini adalah membayangkan 200 ranking factor yang digunakan oleh Google berdasarkan urutan kepentingan.

Sekarang bayangkan Google mengubah urutan 42 faktor dari 200 faktor tersebut. Peringkat akan berubah, tetapi itu adalah kombinasi dari banyak ranking factor, bukan karena satu faktor atau penyebab tertentu.

Berikut ini adalah CONTOH yang kami buat dan pada kenyataannya mungkin sedikit lebih rumit. Dan Google tidak akan memberi tahu kita tentang hal ini:

“Dalam pembaruan inti ini, Google meningkatkan nilai kata kunci dalam tag H1 sebesar 2%, meningkatkan nilai HTTPS sebesar 18%, menurunkan nilai kata kunci dalam tag judul sebesar 9%, mengubah nilai D dalam perhitungan PageRank dari. 85 hingga .70, dan mulai menggunakan metode pengambilan TF-iDUF untuk pengguna yang masuk sebagai gantinya metode TF-PDF tradisional. ”

Sangat mungkin juga update algoritma kali ini tidak “menghukum” website anda (Website anda baik baik saja),
Tetapi sebaliknya update kali ini BISA SAJA hanya memberi hadiah/reward kepada “sesuatu” di situs lain yang tidak dimiliki oleh website kita.

Saran terbaik untuk menaklukkan pembaruan inti/Core Update?

Tetap fokus pada:

* User intent
* Kualitas Konten
* Struktur web yang baik
* Pedoman yg disediakan Google

Nah ujung-ujungnya pendapat saya pribadi jangan terlalu fokus dengan hal-hal teknis tentang SEO sampai kita lupa membuat konten yang bagus dan bermanfaat untuk website kita, soo kesimpulannya tetap “Content is The King”

Akhir kata suka banget dengan quote dari salah satu praktisi digital yang saya terima dari grup WA

“Jangan pernah berhenti meningkatkan/mengoptimasi situs anda meskipun saat ini sudah mencapai Posisi 1, karena situs di Posisi 2 tidak akan pernah berhenti melakukan optimasi untuk mengincar posisi anda”

Tetap semangat kawan-kawan

@udet



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe: rss | twitter | +