:into minimalism : less is MORE

Review Java Soulnation 2010, day 1st

Thanks God, Alhamdullilah akhirnya bisa nonton Java Soulnation 2010, sebelumnya 2 thn berturut2 tapi maen kali ini 2010 totally sebagai audience bersama istri tercinta..tapi Khosyi gak diajak 🙁 memang sengaja sih, sekali2 pacaran lagi hehe..

Oke langsung saja, sampe jam 5 sore di TKP watching S.O.B kolaborasi legendary MC Iwa K, DJ Shcizo, Eno Netral on Drum, and Gading Marten. Kebayang kan jadinya kaya paan..? Perfecto !! selain bawa lagu bule, SOB bawain lagu lawas IWAK Bebas + versi drum Eno Netral tentu jadi beda nuansanya keren !!! dan bring me to GOOD OLD DAYZZ..yeahhh..ditunggu albumnya nih..

Watching SOB, perfect collaboration

Next Pandji on main stage, ini dia salah satu yang membuat gue penasaran dan ternyata pandji perform dengan full team boleh dibilang dream team. Yang gue suka dari Pandji adalah doi selalu Syiar tentang kemanusiaan, aware tentang keadaan Negara Indonesia saat ini, bergerak atas nama Nasionalisme, dan selalu mengawasi, kritis tentang perkembangan politik di Indonesia. Gue ngefans sama dia sejak acara TV favorit gue “kena deh” hehe..ini orang kocak, dan selalu bisa membaca situasi dan membaur terhadap lawan bicaranya. Selain dikenal presenter di TV, radio, saat ini Pandji juga dikenal sebagai selebriti Netizen :).  Di sela2 performnya Pandji juga preview beberapa video tentang seorang anak penderita kanker Denny yang bercita2 sebagai pengusaha sukses. Namun tragis besoknya Minggu 31 Oktober 2010 gw dapet kabar dari twitter pandji Denny meninggal dunia :(((((. Ya Alloh saya yakin-seyakinnya Denny saat ini Kau tempatkan ditempat terbaik di sisiMu ya Alloh kelak dia akan masuk di SurgaMu dan semoga keluarga, saudara yang ditinggalkan selalu diberikan ketabahan dan ikhlas menerima salah satu episode ini Amieen. Pandji menurut gue salah satu contoh pemuda Indonesia yang patut dicontoh untuk mengisi kemerdekaan ini, ini adalah Jihad yang sebenar-benarnya..

Pandji on stage

Karna pengen nonton yg laen gue gak sampe habis nonton Pandji tapi untung First Media nyiarin jadi bisa nonton di rumah 🙂 . Lanjut lagi ke stage Mandiri ada band Drew , terus terang gw gak kenal nih band dan baru tau di Soulnation ini. 4 personel dengan vokal cewek yang sebagai rhythm gitar akustik juga, yang gw salut sama band ini mainnya bersihh abisssss mereka udh nyatu dan cewek ini walaupun sambil maen gitar tapi doi kliatan enjoy banget dan yg perlu di catet kagak ada falesss sama sekali.Oia mereka juga bagi2 CD gratis, manager standby di penonton dan vokalis kasih tau ” kalo mau ambil CD kita silahkan ambil di sana ” sambil nunjuk ke arah managernya di antara kerumunan wuzzz langsung dapet gue..hehe.. Boleh jg ditiru #market insight .

Selain nonton musik, yg gue demen dari Soulnation adalah makanan 🙂 dan sobrol2 dengan temen2 yang doyan musik dan cinta musik yg kali ini HipHop yaaa ongko2 sambil dengerin musik live, itung2 networkings..

Lanjut di panggung tebs ada band Jemima ini juga gw baru tau, let’se and u know what ?? this is the best perfomance for local artist !! menurut gue yaq.. hehe.. gilaq nih band keyboard, drum, gitar(backing juga ), bass smua player udah nyatuu abiss..bassnya apalagi Fajar Adi Nugroho asikk lo brow mainnya sadizzz. Btw udah punya album belum yaa.?? 🙂 pengen beli nih..

Next Soul ID ! di Mandiri stage yess ini dia Grup Rap yang akan release album terakhir mereka di November tahun ini. Menurut gw Soul ID saat ini grup rap yg sedang dan paling bersinar saat ini. Perfoming saat ini menurut gw lebih keren dari perfoming  mereka 2 tahun yang lalu di Soulnation 2008.Mereka sekalian Launching Album mereka Like Love Life, full team abizzz dari packaging, video, kostum, dsb. Kali ini performing mereka merepresentasikan sejarah berdirinya Soul ID dari pertama sampai di stage ini dan konsepnya diberi nama Like Love Life. Great ! very appreciate and respect for SOUL ID  yang membuat HipHop di Indonesia masih tetap bernafas saluuuttt !! I’m sure is not your last album, It’s just the beginning for SOUL ID

Dan terakhir yang pengen gw review dan penting untuk gw catat one of Best MC /Producer from Jurassic, Akil !! ladies and gentlemen  wow !!! gimana ya gw ceritain, bingun terus terang…gini, dia perform sendiri DJnya Stan dari Jakarta alias lokal DJ saja…gak pelu bawa DJ sendiri. Walaupun penontonnya gak banyak tapi banyak pelajaran yg gw ambil dari ini orang..humble banget, ramah,santun, motivated. Dari panggung, duduk di pagar pembatas dan akhirnya turun ke penonton dan freestyle bareng sama audience yang sebagian besar MC smua hehe., dan Les Nubians, Coolio yg nonton juga akhirnya freestyle bareng, gilaaakkk. Saking asiknya Akil dibilangin waktu udah abiss sama panitia..ahhahahhha..dan selesai jam 2 pagi..perfect..I’ve got a lot of inspiration from this guys Akil the MC/Producer from J5 ! yeah !!

Dari beberapa performer yang  gw liat ada faktor penting yang terkadang tidak diperhatikan yaitu Sound Man yang cocok untuk band dan konsep musik kita. Karena yg gw temuin dalam satu panggung sound keluar artist A bagus banget tapi astist B kok gak kluar ya soundnya..jadi sayang banget.

So siapinlah budget untuk bayar soundman yg kompeten baik itu untuk di panggung biar kita perfomingnya enak dan sound man untuk FOH ( depan ) . Saran gw brieflah si sound man seperti apa sound yg lo pengen atau seperti apa konsep band lo kasih referensi seperti video, cd, dll di hari2 sebelumnya . Kicknya, snar,  bassnya,  ini yg paling penting menurut gw, soalnya yg membedakan hiphop dari musk lain yaa 3 sound itu.

Oke sgitu dulu review dari gw smoga ada manfaat..see you at second day 🙂

Udet



2 responses to “Review Java Soulnation 2010, day 1st”

  1. Jemima says:

    Hey, gue tadi nge google review performance kita di Soulnation dan nemu tulisan ini. Makasih banget ya udah nikmatin musik kita. Follow gue di @djemima untuk kabar2 performance selanjutnya dan perkembangan album tentunya. Salut! 🙂

  2. udet says:

    Hey..an honour udah mampir di blog..salam kenal sebelumny and excellent taste for your music. Siap tar ogut follow btw gw juga punya grup Native soul hiphop sila di coba denger http://reverbnation.com/nativecrew

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe: rss | twitter | +