:into minimalism : less is MORE

Keluarga tidak membuat saya bahagia

Jangan sinis dulu dengan judul diatas  ya..ada kelanjutanya begini..

Keluarga tidak membuat saya bahagia melainkan sayalah yang berhak menentukan bahagia atau tidak. Tetapi Keluarga adalah faktor yang terpenting yang membuat saya makin bahagia.

Memang untuk meng-gampangkan syarat bahagia memerlukan latian rutin agar gampang menjadi bahagia dan sampai bahagia tanpa syarat. Apalagi  pola pikiran kita dibesarkan oleh segala informasi dari kecil sampai kita saat ini  baik itu dari orang tua, keluarga kita, teman, media tv, koran, iklan, dsb. Pengalaman hidup inilah yang membuat kita menafsirkan arti bahagia menurut tafsir kita sendiri.

Berbeda sama anak kecil yang dapat bahagia tanpa syarat apapun. Dimana anak kecil  masih belum terkontaminasi dengan informasi, sugesti, seperti disebut diatas. Ibarat CD , ya.. masih CD blank.

Perhatikan saja tingkah laku anak kecil yang selalu riang gembira melakukan apapun kegiatannya dengan kata lain mereka fokus. Jangan heran kenapa anak kecil dapat belajar dengan cepat baik itu mengafal nama benda, perkataan, tingkah laku orang, dsb. Ini semua dikarenakan mereka belajar dengan enjoy, senang, riang, sehingga fokus to the max ! Sampai-sampai nangis-pun mereka enjoy loh.. alias,  total nangisnya hehe..

Jika ditelusuri lebih lanjut, tujuan kita hidup adalah ujung2nya untuk mencapai kebahagiaan.Ingin mempunyai uang berlimpah ujung2nya agar bahagia, mempunyai rumah sendiri ujung2nya agar bahagia, membeli mobil baru ujung2nya agar bahagia, beli BB ujung2nya agar bahagia..  bahkan orang2 pada koruptor ujung2nya mencari bahagia.. tul kan ?

Apa sih kebahagiaan itu sendiri ?

Menurut om google kebahagiaan adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan. Kebahagiaan merupakan fungsi dari rasa kecukupan dan rasa syukur. Bayangkan bila Anda senantiasa merasa cukup dengan segala sesuatu yang Anda miliki dan penuh syukur atas segala hal yang terjadi pada Anda. Anda adalah orang yang berbahagia di muka bumi ini.Tapi kalau saya simpulkan kebahagiaan adalah rasa “enak” di pikiran dan perasaan kita.

Salah satu trik untuk gampang bahagia kata mas Erbe Sentanu adalah selalulah fokus pada apa yang anda punya dan biarlah kekurangan menjadi asing bagi anda.

Kata ilmu guru jika ingin bahagia berbagilah.

Ingat ! semua kejadian adalah bersifat netral. Pikiran kitalah yang memutuskan apakah akan merespon positif atau negatif

Salam bahagia dihati kita semua.

Semoga bermanfaat.

Udet

http://twitter.com/udetstudio



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe: rss | twitter | +